Komputasi Awan: Untuk Semua Orang

Bayangkan Anda seorang manajer di sebuah perusahaan besar. Tanggung jawab Anda sebagai seorang eksekutif termasuk memastikan bahwa semua karyawan memiliki perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan mereka masing-masing. Karyawan Anda tidak akan puas hanya dengan membeli komputer. Mereka juga memerlukan perangkat lunak dan lisensi. Anda harus selalu membeli perangkat lunak tambahan saat menambahkan klien baru atau memastikan lisensi perangkat lunak Anda saat ini dapat mengakomodasi pengguna tambahan. Ada begitu banyak tekanan sehingga Anda tidak bisa tidur di malam hari recommended site.

Dalam waktu dekat, para eksekutif akan punya alternatif. Akan lebih mudah mengunduh satu aplikasi daripada menginstal perangkat lunak di semua komputer. Ini akan memungkinkan pekerja untuk mengakses layanan Web yang berisi semua program yang mungkin mereka perlukan dalam pekerjaan tertentu. Perangkat jarak jauh yang dimiliki oleh bisnis lain dapat menjalankan berbagai metode, termasuk email, program pengendalian kata, dan aplikasi penyelidikan data yang canggih. Hal ini disebut komputasi asing, dan dapat mengubah pasar komputer.

Beban kerja disesuaikan secara signifikan dalam sistem komputasi awan. Komputer lokal tidak lagi diperlukan untuk melakukan semua pekerjaan berat dalam menjalankan tujuan. Tugas-tugas ini sekarang ditangani oleh jaringan komputer asing. Akibatnya, kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak pengguna akan berkurang. Yang diperlukan agar laptop pengguna dapat berfungsi hanyalah perangkat lunak komputasi awan berbasis web. Itu semudah mengunjungi situs web, dan jaringan cloud akan mengurus semuanya. Komputasi awan mungkin merupakan sesuatu yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Jika Anda memiliki akun email dengan dukungan email berbasis web, seperti Hotmail dan Yahoo! Maka Anda sudah familiar dengan komputasi asing. Daripada menggunakan program email desktop, Anda login ke akun Webmail dari jarak jauh. Layanan akan menyimpan dan menjalankan perangkat lunak untuk akun Anda di laptop atau komputer, bukan PC Anda.

Arsitektur Komputasi Awan

Untuk memahami sistem komputasi berbasis cloud, Anda perlu menganggapnya sebagai dua bagian yang terpisah. Ujung depan dan belakang. Sebuah jaringan, paling sering internet, akan menghubungkan mereka bersama-sama. Kesimpulan ujung depan adalah bagian yang dikenali oleh pelanggan atau komputer individu. Kesimpulan backend adalah “area cloud” perangkat. Bagian depan perangkat berisi komputer atau jaringan pelanggan serta aplikasi yang diperlukan untuk mengakses layanan komputasi awan. Komputasi awan tidak harus mengembangkan antarmuka yang sama. Program berbasis web untuk email menggunakan Internet Explorer, Firefox atau browser Web lainnya. Sistem lain dilengkapi dengan aplikasi jaringan khusus. Di “cloud”, layanan komputasi Anda disediakan oleh kumpulan komputer, server, dan penyimpanan data. Teori komputasi awan menyatakan bahwa suatu sistem dapat berisi semua jenis perangkat lunak, mulai dari pemrosesan data dan permainan video, dan masih banyak lagi. Setiap aplikasi biasanya memiliki servernya sendiri.